Pencak Silat Indonesia Panen Medali Emas di Asian Games 2018, Ini Kuncinya

bola88

Pencak Silat Indonesia Panen Medali Emas di Asian Games 2018, Ini Kuncinya

Hasil yang membanggakan ditorehkan oleh tim pencak silat Indonesia dalam gelaran Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Dalam laga final yang berlangsung hari Senin, 27 Agustus 2018 kemarin di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, para atlet silat Indonesia sukses menyapu bersih 8 nomor yang dipertandingkan.

Kesempatan tim silat Indonesia untuk menambah perolehan emas di Asian Games masih ada karena masih terdapat 6 nomor yang akan dipertandingkan di partai puncak hari Rabu, 29 Agustus 2018. Membanggakannya adalah, 6 nomor tersebut pun Indonesia menampatkan masing-masing satu wakilnya. Sehingga terdapat peluang untuk pencak silat Indonesia memborong 14 medali emas.

Sebanyak 8 medali emas yang hari Senin kemarin dipastikan jadi milik Indonesia diawali dengan perolehan dari nomor seni perorangan putri. Nama Puspa Arumsari menjadi yang terbaik di sana. Kemudian kesuksesan berlanjut di nomor seni ganda putra yang berhasil disumbang oleh Yola Primadona Jampil dan Hedry. Tim beregu putra, Anggi Faisal, Asep Yuldan serta Nunu Nugraha menambah emas ketiga. Lalu untuk nomor pertandingan perseorangan, ada 5 medali emas yang Indonesia dapatkan melalui Abdul Malik si kelas 50-55kg, Aji Bangkit Pamungkas di kelas 85-90kg putra, Komang Harik Adi Putra di kelas 65-70kg, Iqbal Candra Pratama di kelas 60-65kg putra dan ditutup oleh Sarah Tra Monita untuk kelas 55-60kg putri yang menyumbang emas ke-8 cabor pencak silat.

Mengenai menterengnya prestasi silat Indonesia di Asian Games 2018, kepala pelatih Silat Indonesia, Rony Syaifullah mengaku tidak terlalu heran dengan hal ini. Pasalnya, memang sebelumnya ia menargetkan silat dapat menyumbang emas terbanyak untuk Indonesia. Program latihan terbaik sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Alhasil, performa yang impresif pun ditunjukkan oleh para anak didik Rony.

“Pastinya ini sesuai dengan apa yang kami inginkan. Tim pelatih sudah jauh-jauh hari mempersiapkan program latihan yang memang diperuntukkan untuk kemenangan anak-anak” terang Rony dalam wawancara pasca pertandingan.

Rony juga membeberkan kunci kesuksesan silat Indonesia di Asian Games salah satunya adalah para atlet yang termotivasi karena cabang olahraga yang satu ini baru dipertandingkan di Asian Games 2018. “Karena bagi anak-anak, belum tentu dalam waktu dekat Asian Games kembali ke Indonesia. Dukungan para penonton di padepokan juga sangat membantu performa para atlet. Apalagi sekarang ini sistem penilaian lebih terbuka karena memakai video replay. Jadi memang terbukti anak-anak adalah yang terbaik hari ini” papar Rony.

judi bola