Julen Lopetegui Bukan Sosok Pelatih untuk Tim Karena Selalu Terima Vonis Pemecatan

bola88

Julen Lopetegui Bukan Sosok Pelatih untuk Tim Karena Selalu Terima Vonis Pemecatan

Julen Lopetegui akhirnya mengakhiri masa jabatannya sebagai pelatih Real Madrid pada hari Senin (29/10/2018) malam waktu setempat usai kegagalan tim asal ibukota negara Spanyol pada hari Minggu (28/10/2018) dalam pertandingan el clasico atas FC Barcelona dengan skor akhir 1-5.

Julen Lopetegui diketahui hanya mengabdi selama 137 hari saja dengan hasil pencapaiannya sejumlah 6 poin kemenangan, 2 poin seri dan 6 poin kegagalan selama melatih semua pemain Real Madrid hingga akhir masa jabatannya.

Kontribusi tersebut rupanya bukan standar umum yang dimiliki Real Madrid, sedangkan tim tersebut adalah sebuah kesebelasan yang digawangi beberapa pemain kelas internasional.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Real Madrid atas kesempatan tersebut,” tutur Julen Lopetegui setelah mendapatkan vonis dari Real Madrid mengenai pemecatan atas dirinya.

Selain itu, belum diketahui nasib Julen Lopetegui di masa mendatang usai pemecatan tersebut karena beberapa tim lainnya akan berpikir keras untuk melibatkan pria yang lahir pada tanggal 28 Agustus tahun 1966 silam tersebut.

Pasalnya, vonis yang dilayangkan Real Madrid adalah pemecatan yang ketiga kalinya bagi Julen Lopetegui dalam karirnya sebagai pelatih sebuah tim sepak bola.

Bahkan, Julen Lopetegui hanya menangani sebanyak 3 tim saja sepanjang karirnya sebagai seorang pelatih.

Hasil tersebut mencerminkan bahwa kontribusi yang diberikan Julen Lopetegui tidak pernah menguntungkan dan selalu berakhir dengan pemecatan dari pihak tim.

Rayo Vallecano adalah tim sepak bola yang pertama kali melayangkan vonis pemecatan bagi Julen Lopetegui karena hanya bertanding dalam 10 laga pada tahun 2003 hingga 2004 silam.

Selain itu, mantan pemain FC Barcelona dan Real Madrid mengambil alih kendali FC Porto yang merupakan tim dengan profil terbesar dalam Liga Portugal pada tahun 2014 hingga 2016 lalu.

Julen Lopetegui hanya bertahan selama 18 bulan bersama FC Porto ketika dirinya resmi menerima vonis pemecatan pada bulan Januari tahun 2016 karena tidak mampu memenangkan pertandingan apapun.

Akan tetapi, keberuntungan Julen Lopetegui rupanya muncul dari tim nasional untuk berperan sebagai pelatih.

Julen Lopetegui sempat memenangkan Piala Eropa U-19 pada tahun 2012 serta Piala Eropa U-21 pada tahun 2013 ketika dirinya melatih timnas junior Spanyol di tahun 2010 hingga 2014 lalu.

Pasalnya, Julen Lopetegui telah berkontribusi dengan baik ketika mengendalikan timnas senior Spanyol karena membawa tim tersebut lolos ke dalam Piala Dunia tahun 2018 dan mengantongi 9 poin kemenangan dan 1 poin serta tanpa kegagalan sama sekali.

Meski begitu, Julen Lopetegui rupanya membuat masalah karena menyetujui perjanjian dengan Real Madrid sebelum pelaksanaan Piala Dunia tahun 2018 di Rusia beberapa bulan lalu.

Bagaimana tidak, timnas Spanyol memberikan vonis pemecatan atas dirinya dan menegaskan bahwa Julen Lopetegui tidak diizinkan berinteraksi dengan tim jika tidak ingin dipecat sebagai pelatih.

judi bola