Berakhirnya Rekor Emas Real Madrid di Ajang Laga Final Internasional

bola88

Berakhirnya Rekor Emas Real Madrid di Ajang Laga Final Internasional

Era baru Real Madrid dibawah pelatih Julian Lopetegui dinodai dengan kekalahan 2-4 dari Atletico Madrid. Kekalahan di ajang Piala Super Eropa tahun 2018 ini bukan hanya memberikan noda buruk bagi Lopetegui, tapi juga mengakhiri rekor emas Real Madrid di ajang laga final Internasional.

Pasca meraih juara di Liga Champions Eropa musim musim 2001/2002, Real Madrid selalu memenangkan laga final ajang Internasional. Raihan yang kemudian gagal dilanjutkan oleh Lopetegui. Berikut ini beberapa catatan emas Real Madrid dalam final laga internasional.

1. Final Liga Champions Eropa

Pada ajang final Liga Champions Eropa, Real Madrid tercatat sudah 4 kali berlaga di ajang tadi pasca juara tahun 2002. Laga-laga final itu diantaranya adalah Final tahun 2014, 2016,2017 dan 2018. Pada 4 final tadi, Real Madrid sukses menundukan semua lawannya.

Hal yang menarik dari keempat final tadi, sosok Zidane selalu menjadi aktor kemenangan Real Madrid. Bukan sebagai pemain, tapi sebagai “aktor dibelakang layar”. Pada final tahun 2014, Zidane menjadi asisten pelatih dari Carlo Anceloti. Sedang pada 3 final lainnya (2016, 2017 dan 2018) sebagai juru latih tim.

2. Final Piala Dunia Antar Klub

Hampir sama dengan final Liga Champions Eropa, Real Madrid pun selalu sukses memenangkan laga dalam final Piala Dunia Antar Klub. Tercatat Real Madrid sudah menjalani 4 laga final dan kesemuanya berakhir dengan kemenangan. Pada final Piala Dunia Antar Klub tahun 2018 nanti, akan menjadi ujian lain bagi Lopetegui.

3. Final Piala Super Eropa

Sebelum dinodai oleh kekalahan dari Atletico Madrid semalam, Real Madrid selalu memenangkan laga final Piala Super Eropa. Tercatat pada 4 edisi sebelumnya, Real Madrid berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Seperti tahun 2003 mengalahkan Feyernoord, tahun 2014 dan 2016  mengalahkan Sevilla dan terakhir pada tahun tahun 2017 mengalahkan Manchester United. Seandainya kemaren menang atas Atletico Madrid, Real Madrid akan menjadi tim paling banyak meraih gelar juara Piala Super yaitu 5 kali, sama dengan Barcelona.

Kekalahan pada Piala Super Eropa atas Atletio Madrid dengan skor 4-2, memang menjadi debut yang buruk bagi Lopetegui. Kini sang pelatih yang menggantikan Zidane mesti dapat memperbaiki kepercayaan diri menjelang musim baru. Tuntutan juara selalu ada di tiap musim Real Madrid.

judi bola